Selasa, 27 Desember 2011

Menciptakan suasana islami di sekolah

         Berdasarkan undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dinyatakan bahwa tujuan pendidikan nasional adalah untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlaq mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab.
          Untuk mewujudkan peserta didik yang beriman dan bertaqwa serta berakhlaq mulia sebagai bagian dari tujuan pendidikan nasional seperti tersebut diatas perlu upaya dan wahana yang mampu untuk menciptakan kondisi sehingga peserta didik memungkinkan dirinya dapat berkembang keimanan dan ketaqwaannya kepada Allah SWT.
          Hal itu dapat terwujud manakala peserta didik mendapatkan suatu kondisi lingkungan pendidikan yang islami, karena lingkungan atau milliu akan memberikan pengaruh yang sangat besar bagi pertumbuhan dan perkembangan peserta didik. Upaya menyiapkan peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa serta berakhlak mulia merupakan tugas yang cukup berat karena itu upaya yang harus ditempuh bukan hanya ada pada pemerintah melainkan juga pada orangtua dan masyarakat sekitar peserta didik berada.
          Untuk menyikapi hal tersebut diatas, maka sekolah sebagai salah satu lembaga institusi pendidikan harus dapat mengembangkan program pendidikan yang dapat menuju kearah tersebut antara lain : mengoptimalkan pelaksanaan pendidikan agama islam di sekolah baik secara teori maupun upaya untuk mempraktekkan ajaran agama islam itu dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan peserta didik, menciptakan suasana religious dalam tatanan kehidupan sekolah, menumbuhkan sikap terbuka, toleransi dan menghormati keyakinan agama lain dan meningkatkan kualitas pembinaan terhadap siswa.
          Untuk terwujudnya suasana kehidupan islami di sekolah , maka sekolah sebagai institusi lembaga pendidikan harus mampu meningkatkan kualitas peserta didik melalui pembelajaran secara efektif misalnya tentang kebersihan, setelah siswa menerima materi tentang kebersihan di kelas, siswa diajak ke halaman atau lingkungan sekolah untuk melakukan pengamatan dan tindakan yang harus diambil oleh seorang peserta didik tentang kebersihan lingkungan, maka peserta didik akan melakukan tindakan yaitu  mengambil sampah yang ada di dekatnya untuk dimasukkan ke kotak sampah lalu membuangnya. Disamping upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah ternyata lingkungan keluarga juga sangat mempengaruhi jiwa peserta didik. Dinul Islam menempatkan keluarga pada posisi yang sangat penting dan menentukan dalam pembinaan watak dan prilaku, pribadi dan masyarakat, baik atau buruknya pribadi seseorang sangat tergantung pada pembinaan dirinya di lingkungan keluarga yang ditujukan untuk melahirkan jalinan cinta kasih atas dasar agama. Jalinan cinta kasih atas dasar norma ilahi, sehingga memungkinkan setiap anak untuk mengembangkan kepribadiannya secara utuh.
            Keluarga dalam pandangan islam merupakan wahana untuk tempat latihan sosialisasi nilai-nilai yang berlaku dalam masyarakat kepada para anggotanya. Keluarga memberikan nilai-nilai pendidikan kepada para anggotanya terutama kepada anak-anaknya dan orang tua merupakan panutan dalam proses pendidikan. Pendidikan dirumah akan banyak di tentukan dan diwarnai oleh ibu  bapak, keluarga dan kehidupan beragama di rumah serta keteladanan sehari-hari, sedangkan pendidikan di sekolah faktor guru dan keteladanan institusi sekolah sangat menentukan pula bagi perkembangan peserta didik disamping kurikulum dan silabus yang juga akan berpengaruh bagi kualitas peserta didik.
            Suasana kehidupan beragama di sekolah, etika agama dipakai dalam pergaulan di sekolah dalam suasana hubungan pergaulan sesama siswa serta keteladanan guru, mushalla diramaikan dan dimakmurkan, suasana pergaulan sekolah harus membangkitkan gairah belajar mengajar, latihan dan praktikum dan contoh-contoh keteladana kebaikan. Mushalla atau masjid di sekolah berfungsi sebagai tempat ibadah bagi siswa muslim, tempat belajar, latihan berpidato atau  ceramah dan fungsi ini akan dapat terlaksana manakala siswa memiliki latar belakang keluarga yang baik dalam pembinaannya dan adanya kemauan yang kuat dari peserta didik itu sendiri serta didukung oleh seluruh dewan guru serta pihak-pihak lain yang kompeten dalam bidang pendidikan seperti komite sekolah.
           Peserta didik yang dibina lewat mushalla atau masjid sekolah Insya Allah, melahirkan peserta didik yang tidak lupa daratan, peserta didik yang memiliki moral atau akhlak yang mulia, memiliki ketrampilan yang memadai serta taat beribadah kepada Allah SWT, maka mushalla dan peserta didik merupakan bagian integral yang tidak bisa dipisahkan dalam pembinaan kehidupan agama di sekolah. Mushalla atau masjid sekolah sudah saatnya untuk diberdayakan guna memaksimalkan kehidupan islami di sekolah karena disamping fungsi diatas juga sebagai penyambung sillaturrahim antar  peserta didik, sebagai tempat membina akhlak, memahami nilai-nilai kehidupan, mempersiapkan peserta didik sebagai kader pembangunan dan peserta didik memperoleh, memperdalam dan memperluas penghayatan dan pengamalan ilmu agama dan ilmu dunia. Jika semua ini dapat diwujudkan, maka saya  yakin dan optimis sekolah sebagai lembaga institusi pendidikan mampu menciptakan suasana islami yang rahmatan lil’alamin dan akan menjadi persemaian lahirnya calon pemimpim masa depan yang memiliki sifat-sifat sidiq, amanah, tabligh dan fathanah .

1 komentar:

  1. Assalamualaikum warahmatullahi wabarokatuh

    Perumahan Syariah - Rumah Syariah

    *RUMAH SYARI'AH ISLAMI TANPA BANK DI BABELAN DEKAT KOTA HARAPAN INDAH !*

    *"BABELAN SAKINAH RESIDENCE "*
    " The Shariah Nature of Living "

    _*PELOPOR RUMAH SYARIAH TANPA BANK*_ DI Babelan Kota Harapan Indah Bekasi. Kawasan Primadona Akses dekat perumahan besar KOTA HARAPAN INDAH dan 5 menit Dari Perum. MUTIARA GADING CITY

    *MAU BELI KREDIT TANPA BANK DAN TANPA RIBA?.. BISA!!*

    Kredit RUMAH ZAMAN NOW itu Harus Bersih Dari Bunga Riba Bank,...In Shaa Alloh lebih berkah dan Nyaman 😊

    ▶ Type yg tersedia :
    Tipe 36/72
    Tipe 45/84
    Tipe 60/100

    FASILITAS ✅
    * One gate System
    * Jalan Utama 8 meter
    * CCTV 24 jam
    * Air PDAM
    * Taman Bermain
    * Sarana Olahraga
    * Kolam renang
    * Sekolah Islam Terpadu
    * Rumah Tahfidz
    * Masjid
    * Klinik kesehatan

    KEUNGGULAN PERUMAHAN BSR :
    ✅ Lokasi pinggir Jalan Pemda Langsung
    ✅ Akses menuju Lokasi cor Beton
    ✅ Lingkungan yg Islami, ( Rumah Tahfidz, TPA, Sekolah Islam )
    ✅ 10 Menit dari Kota Harapan Indah yang full Fasilitas Publik ( Giant, Ramayana, Courts, Mitra10, Ace, Dealer mobil resmi, Waterpark )
    ✅ 20 menit dari Rencana Pintu Toll Jorr Cilincing Cibitung
    ✅ 10 menit ke Pusat Belanja Marakash dan Candrabaga Pondok Ungu
    ✅ 5 menit ke Wisata Danau Southlake MGC
    ✅ 30 menit ke Summarecon Bekasi

    UNTUK SURVEY LOKASI,,,,,
    Hub
    0896 4479 8497


    *DAPATKAN PENAWARAN MENARIK UNTUK KREDIT DG MUDAH DAN DP TERJANGKAU mulai dari 30 Jt, dg Masa Kredit mulai dari 3 th -15 th*

    *info lebih lanjut, Hub 0896 4479 8497

    *BUY HOME WITHOUT RIBA*
    https://propertiakusyariah.blogspot.com

    BalasHapus